Senin, 07 Februari 2011

Gempa dan Tsunami

Apakah Gempa Itu..............??
Gempa terjadi ketika bebatuan di bawah permukaan tanah atau laut mulai bergerak.

Apa penyebab gempa.........??
- Bumi tampak kuat dan tenang, tapi sebenarnya tidak demikian. Suhu di bawah permukaan bumi amat panas sehingga bebatuan meleleh.
- Kerak bumi yang keras ini retak dibanyak tempat. Retakan-retakan itu disebut PATAHAN. bebatuan dapat secara tiba-tiba bergerak sepanjang patahan tadi dan menimbulkan gempa.

Daerah Gempa
Gempa-gempa yang paling kuat terdapat di daerah kerak bumi dengan ukuran besar. Bagian-bagian kerak bumi tersebut dinamakan LEMPENG BUMI  yang saling mengisi seperti gergaji. Namun lempeng bumi ini bergerak akibat adanya pergerakan batua di dalam bumi. daerah utama gempa berada disekitar pingiran lempeng.

Gempa Di Bawah Laut
Banyak gunung yang muncl dari dasar  laut. Mereka membentuk rangkaian pegunungan yang tersembunyi  di balik ombak. di antara rangkaian pegunungan ini terdapat LEMBAH yang dalam. lembah-lembah ini merupakan pinggiran dari lempeng bumi yang perlaha bergerak saling menjauh. Ketika mereka bergerak dasar lautan bergetar. Batuan panas tersebar dri dalam bumi mengisi rekahan yang terjadi.

Batua panas menyembur naik dari dasar laut dan membentuk sebuah pulau baru yang disebut SURTSEY. Barisan pegunungan muncul dari dasar laut. Di tengah-tengah pegunungan ini lempeng bumi. Ketika lempeng bumi bergerak saling menjatuh, batuan panas menyembur keluar dan mengisi rekahan yang terjadi. Lempeng-lempeng bumi bergerak saling menjauh. Permukaan tanah bergerak dan menyebabkan gempa.


Lempengan Yang Bertabrakan
Gempa di bawah laut disebabkan banyak hal. Sebagian lempeng bumi bertemu di bagian laut yang paling dalam. mereka saling medorong sampai salah satu lempeng terdorong ke bawah. yang lain, lempeng tidak bergerak dengan perlahan. Mereka bertabrakan dan berhimpitan satu sama lain. Pada akhirnya, batuan pecah dan lempeng bergerak. Pergerakan yang tiba-tiba ini menyebabkan gempa kuat.


Gempa Di Darat
Sisi dari kebanyakan lempeng yang bergerak, tersembunyi di bawah laut, tapi sisi lainnya terletak di darat.Pinggiran dari dua lempeng melintasi daerah California Di Amerika Serikat membentuk rekehan yang panjang di tanah yang disebut PATAHAN SAN ANDREAS. pergerakan lempeng di sepanjang patahan ini menyebabkan seringnya terjadi gempa Di Kota LOS ANGELES dan SAN FRANSISCO.



BY : GLOLIER INTERNATIONAL


Lantas apakah tsunami itu......................?????

Gempa juga dapat mengakibatkan gelombang laut raksasa yang disebut TSUNAMI. Gelombang yang juga dapat ditimbulkan aktivitas vulkanik ini dipercaya muncul jika lantai samudera ikut bergoyang atau bergerak akibat gempa bumi. Gelombang itu dapat mengakibatkan gelombang pasang yang bergerak dengan kecepatan mencapai 725 hingga 800 km/jam dan menempuh jarak ratusan kilometer.
Kecepatannya berkurang ketika mencapai perairan dangkal. Namun, ketinggian gelombang meningkat hingga mencapai 15m, bahkan lebih. Lidah-lidah gelombang raksasa tesebut melintas garis pantai dan menghancurkan apapun yang ada di depannya.


BY : ENSIKLOPEDIA GEOGRAFI

0 komentar:

Posting Komentar

Clock

About Me

Foto Saya
marta
hidup berawal dari MIMPI...
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

I NYOMAN MASRIADI

http://www.ziddu.com/download/13990041/INyomanMasriadiPelukisTermahaldiAsiaTenggara.docx.html

GEISHA - CINTAKU TLAH HILANG

Sigueme en Twitter